The Klavierstuck (Piano Piece) Nomor 9 oleh Karlheinz Stockhausen

The Klavierstücke N.9 oleh Karlheinz Stockhausen, dengan "chords yang diulang-ulangkan secara karakteristik, obsesi obsesif dan akhiran yang khas, adalah bagian yang sangat khas dan unik yang tidak dapat dibantah. Terdiri antara 1955-1961, karya ini mencontohkan komposer penelitian yang intensif khususnya di bidang musikal. waktu.

Artikel "Bagaimana waktu berlalu" oleh komposer yang diterbitkan beberapa tahun sebelum karya ini unik dan mungkin yang pertama pada tahun 1957 untuk menyelidiki persepsi waktu musik dan menyarankan teknik baru untuk menangani waktu musik. "Organisasi temporal unsur-unsur musik" belum pernah dipelajari, setidaknya tidak pernah begitu menyeluruh. Irama musik tidak pernah diproses sedemikian rupa.

Potongan ini memanfaatkan secara luas deret Fibonacci di mana setiap elemen merupakan penjumlahan dari dua deret sebelumnya. Angka-angka itu secara khusus digunakan dalam tempo dan waktu (ritme) relasi. Ini juga jelas dalam penggunaan konsep ritmik mendasar yang mungkin paling ditentukan oleh Pierre Boulez: "temps strié – temps lisse".

"Temps strié": hanya dapat diterjemahkan secara tidak lengkap sebagai" pulsated time ". Arti asli dari istilah ini lebih luas dari itu, itu termasuk tetapi tidak terbatas pada pulsasi. Lebih memadai itu berarti setiap ritme ritme yang dapat diukur, dibandingkan, direferensikan melalui unit dasar atau nadi yang didefinisikan dengan jelas. Ini mirip dengan gambar pada kertas quadrillated, sementara "Temps Lisse"Secara harfiah" halus (ed) waktu ", ketika tidak ada beat referensi yang jelas atau pulsa.

Konsep-konsep yang bertentangan tersebut jelas terlihat di awal karya; batangan awal (1-3) dengan akord "berdenyut" yang sama dan diikuti oleh motif garis krayon "halus" di bar 4.

Berkenaan dengan organisasi pitch, bagian ini dengan jelas menunjukkan teknik-teknik serial khususnya dengan menggunakan banyak chords identik yang berulang, menciptakan sumbu referensi pitch dengan perpanjangan. Fitur ini bahkan dapat disebut sebagai "moto" dari karya tersebut.

Makalah ini akan berkonsentrasi pada bagian akhir, coda dari karya tersebut. Khusus mulai dari bar ketiga halaman 6 dari skor.

Organisasi Ruang Pitch dari Tindakan Pembukaan

"The" Chord:

Untuk memahami materi, pitch-set dan "themes", untuk menganalisa Coda, seseorang harus memiliki beberapa informasi pertama tentang elemen-elemen utama dari karya tersebut. Mereka jelas diatur di bilah pembukaan.

Potongan ini dimulai dengan pengurangan besar pada 140 kali ulangan yang berulang, 139 lonjong dan seperempat titik, dari ff diikuti oleh f ke pppp pada 160MM untuk delapan not.

Karena akan segera terlihat, pulsa waktu 160MM dan oleh karena itu akurasi dalam kinerja indikasi tempo yang tepat adalah sangat penting untuk integritas struktural dari potongan. Rasio 160BPM / 120BPM (atau 160BPM / 60BPM), yang merupakan 2/3, akan digunakan secara luas di seluruh bagian.

Untuk menghitung jumlah chord yang diulang dalam analisis ini ada keputusan untuk mengambil bar pertama. Akankah orang menghitung 140, yang merupakan jumlah akord yang benar: 139 kali delapan catatan dan satu not seperempat titik atau haruskah kita mengambil angka 142 dari tanda waktu (142/8) sebagai angka akord "palsu" (virtual)? Saya pikir ada efek notasi yang halus di sini. Pengurangan begitu lama dan berlangsung sejauh ini pppp yang saya percaya akord titik-titik terakhir seharusnya "terdengar" seolah-olah masih ada tiga (lebih) akord delapan nada namun tak terlihat.

Dalam kinerja yang sebenarnya, jika dimainkan dengan baik, efeknya (atau seharusnya) seolah-olah masih ada tiga akord yang diulang di ujung bar, tetapi dimainkan dengan sangat lembut sehingga hampir tidak pernah terdengar.

Semua chord yang diulang sepanjang potongan selalu muncul sebagai suksesi nilai ritme yang sama dan tidak pernah dengan "berhenti" seperti yang disebutkan di bar pertama.

Pentingnya poin ini adalah bahwa jika kita asumsikan ada 3 akord yang sangat-sangat lembut (disarankan tetapi tidak benar-benar dimainkan, "tidak terdengar") dalam ruang kuartal terakhir, kita mendapatkan 142 untuk jumlah serangan untuk bar pertama dan kami akan mendasarkan analisis hubungan numerik kami pada nomor pertama itu. Itu adalah opsi yang akan saya ambil untuk makalah ini.

Namun berhenti dengan not seperempat-titik tampaknya struktural jika kita mempertimbangkan koneksi ke apa yang dapat disebut "tema kedua" (bar 3).

The "tematik akord" dari potongan adalah agregat yang terkenal dan banyak digunakan. Formulir PC-Set Prime: (0,1,6,7), Forte Code: 4-9 dengan Interval Vector: [200022].

Seseorang tidak dapat melewatkan koneksi dari PC-Set ini dengan permulaan op-piano Alban Berg's.1 Piano Sonata, secara harfiah memiliki catatan yang sama.

Di bar kedua kami memiliki 87 akord dengan rentang dinamis yang sama. Hubungan waktu antara kedua bar adalah 142/87 = 1.63218 … Jumlah yang sangat dekat dengan rasio emas (1.618 ..)

"Tema Kedua"

Batang ketiga menyajikan pengaturan yang sangat menarik dari skala berwarna lurus. Dari sudut pandang organisasi pitch-space, ada banyak hal yang perlu diperhatikan di sini.

Garis ini berwarna lurus dengan "berhenti" pada nada D, F, A, A dan B. Itu adalah Kelas-PC: 2,6,9,10,11. Celah di antara mereka dipenuhi dengan catatan kasih karunia.

Catatan "utama" yang bertahan lama membentuk PC-Set (0,2,3,4,5,8), Forte Code: 6-Z39, interval vektor: [333321].

Set ini, (023458), tidak memiliki nada umum dengan himpunan chord sebelumnya (0167), dan vektor intervalnya [200022] dan [333321], meskipun mereka memiliki nilai yang sama, menghadirkan karakteristik yang sangat berbeda.

Khusus pada IC's 2-3-4 "set interval chord theme" memiliki semua 0 dan sementara "chromatic theme" set kedua memiliki 3.

Pada permulaan ini komposer menyajikan kepada kita dua ide yang sangat berbeda. Dari sudut pandang organisasi pitch, ide pertama dari chord yang berulang menegaskan kemerduan referensi yang kuat dan perpanjangan dengan PC-Set (0,1,6,7) sementara "tema" kedua (atau ide) menciptakan "kelancaran" ", ruang suara yang tidak terukur dengan halus menggarisbawahi PC-Set (0,2,3,4,5,8) dari dalam skala kromatik.

Organisasi Waktu dalam Tindakan Pembukaan

Dalam penyajian dua ide musikal utama, pada awal karya, kontras dalam organisasi waktu lebih ditekankan daripada perbedaan pitch.

Dengan 1 untuk not-not delapan, durasi catatan tema kedua membentuk seri: [3-8-5-13-5-8] jika kita menghilangkan "3" pertama kita memiliki rangkaian Fibonacci simetris sempurna: 8 (+) 5 (=) 13 (-) 5 (=) 8.

Di satu sisi, penghapusan not seperempat-titik di awal bar ketiga seperti yang ditunjukkan di atas, mungkin menunjukkan bahwa catatan ini (akor), yang identik dengan yang pembuka, adalah bagian dari bar sebelumnya, sehingga membuat koneksi dengan akord terakhir dari bilah pertama, di sisi lain durasi (3) dari akor itu juga cocok dalam deret Fibonacci di atas.

Durasi dan hubungan tempo untuk 3 bar pertama dari komposisi dapat diringkas sebagai berikut: Dalam "Durasi dalam 8". kolom simetri: 139 – 3/87 – 3 dan 8 – 5 – 13 – 5 – 8 jelas terlihat. Selanjutnya jika seperti yang dijelaskan di bagian: kita menghitung 142 serangan untuk bar pertama dan membandingkannya dengan panjang bar kedua; 142 oleh 87 kita mendapatkan rasionya: 1.632183908045 … sebuah nomor irasional yang sangat dekat dengan Rasio Emas

Bagian pertama dari komposisi ini sekarang dilanjutkan dengan seri yang menarik dari akord dan keheningan yang sama: Baris yang diciptakan oleh pengulangan akor dan keheningan di antaranya perlu diperhatikan: [13-2-21-8-1-3-8-1-5-13-2-5-3]. Ini sebenarnya seri Fibonacci yang dikocok: [1-2-3-5-8-13-21].

Dengan elemen-elemen penyusun ini kita sekarang bisa sampai pada titik tulisan ini yang merupakan Coda dari karya tersebut.

Tinjauan Bagian Akhir

Dari notasi kami melihat tiga jenis catatan di bagian ini:

  1. Catatan-tipe A: Catatan ukuran normal dalam kelompok-kelompok catatan-cinta
  2. Catatan-tipe B: Grup Grace-notes
  3. Catatan-tipe C: Catatan secara bertahap ditambahkan ke resonansi pedal, menciptakan agregat (akor), dalam kisaran rendah instrumen. Ini bisa dianggap seperti pedal pedal [E-B-A] yang harus dipertahankan sampai akhir bagian. Agregat ini, PC-Set Prime Form: (0,1,6), Forte Code: 3-5 dengan interval vektor: [100011] adalah bagian dari akor pertama.

Kepekaan dari "chord" terakhir ini diciptakan oleh dinamika mf ff dan f range contrast (rendah hingga ekstrim rendah dibandingkan dengan not lain di bagian) dan efek gemilang dari pedal sustain dalam rentang tersebut.

Pitch sebagai Kelompok Catatan-Anugerah

Pada bagian ini akhir dari potongan diperiksa bar dengan bar. Pembagian dalam batangan di bagian potongan ini secara struktural penting karena menyajikan kelompok-kelompok catatan-anugerah dengan berbagai interval waktu (keheningan) di antara mereka.

Kecepatan kelompok catatan dan evolusi waktu "menunggu" antara masing-masing kelompok adalah subjek dari bagian berikutnya.

Bar 1 dari Coda (ukuran 3, halaman 6) Kelompok pertama dari notes-bar yang memulai bagian Coda menunjukkan analogi yang jelas untuk "tema" kedua dari karya tersebut.

Analogi ini jelas ketika membandingkan PC-Set bar ini (semua catatan diambil sama beratnya) yaitu: (0-1-2-4-5-8), Forte-Code 6-15, interval vektor: [323421] dengan "panjang" abadi "utama" catatan dari "tema kedua": PC-Set 0,2,3,4,5,8, Forte Code: 6-Z39, Interval Vector: [333321].

Bar 2 dari Coda (ukuran 4, halaman 6 Kelompok kedua, ditetapkan dalam bar durasi 5/8 membentuk PC-Set: (0-1-2-4-8), Forte-Code 5-13, interval vektor: [221311], ini adalah bagian dari bar sebelumnya.

Bar 3 dari Coda (ukuran 5, halaman 6 Bar ketiga ini adalah salah satu yang terpanjang di bagian ini: 21/8, perhatikan bahwa catatan harus diputar secepat mungkin tetapi secara bertahap melambat, dan orang harus menunggu sisa waktu bar di seluruh bagian.

Kelompok catatan kedua adalah catatan ukuran penuh, untuk diputar mf, f of ff:

Mempertimbangkan hanya catatan-anugerah, kelas-pitch C dan F adalah yang paling berulang, masing-masing tiga kali. Ada diikuti oleh C, D dan B. Mereka PC-Kelas membentuk himpunan: Prime Form (0,1,2,3,7), Forte Code 5-5, Interval Vector: [321121].

Set ini terkait dengan salah satu chord yang diulang pertama: (0,1,6,7) dan memiliki yang terkait di banyak tempat-tempat karakteristik struktural di seluruh bagian.

Namun, kelas-kelas pitch "tertimbang" yang disebutkan di atas, C-F-C-D-B paling jelas terdengar tepat sebelum bagian Coda ini dalam dua cara yang berbeda.

Pertama dinyatakan sebagai akord, kemudian sedikit dimodifikasi, sebagai PC-Set (0,1,2,6,7) Forte Code 5-7, interval Vector: [310132].

Bar 4 dari Coda (ukuran 6, halaman 6) Bilah ini adalah salah satu dari 13/8 panjang yang merupakan langkah sebelumnya dari yang terakhir dalam deret Fibonacci yang digunakan: 1-2-3-5-8-13-21.

Dalam menganalisis pertama catatan yang paling berbobot C, D, G, dinotasikan sebagai not-head ukuran penuh yang tidak dapat melewatkan analogi dengan akor awal dari potongan C, F, G, C. Set untuk akord pertama dari potongan dan bagian ini adalah masing-masing (0,1,6,7) dan (0,2,6) menyajikan analogi meskipun vektor interval mereka entah bagaimana berbeda: [200022] [010101].

Pitch yang dinotasikan sebagai anugerah-catatan menampilkan analogi yang menarik dengan elemen yang sebelumnya juga didengar.

Semua pitches membentuk PC-Set (0,1,2,3,4,5,7,8,10) dengan Forte Code: 9-7 dan interval Vector: [677673]. Tetapi cara pitch tersebut disegmentasi sangat menarik dari sudut pandang integritas struktural dari potongan tersebut.

Semua catatan dari bar ini dapat disegmentasi dengan beberapa cara dengan atau tanpa catatan ukuran penuh dari tangan kiri dan set yang dihasilkan dapat diperiksa dan dibandingkan dengan chord pertama dari potongan.

Pitch di bar yang tersisa dari "Coda"

Batangan yang tersisa dari "Coda", dari sudut pandang organisasi pitch dapat dianalisis sama. Satu hal penting di sini adalah pemisahan catatan-catatan berukuran rahmat-catatan dengan yang berukuran penuh.

"Bagian-bagian" (catatan-kasih dan catatan ukuran penuh) itu dapat (dan mungkin harus) diperiksa baik sebagai "suara-suara" berbeda untuk PC-Sets yang muncul dengan menghubungkan kepala-kepala ukuran penuh yang jauh tetapi juga sebagai sejenis "PC-Set Polyphony" untuk menampilkan bagaimana dua set berbeda terdengar secara bersamaan karena mereka jelas dipisahkan oleh dinamika dan tekstur.

Misalnya menghubungkan catatan yang dicatat pada tingkat dinamis yang sama atau dekat (yaitu f dan ff mengungkapkan poin struktural yang perlu diperhatikan.

Set semua berpusat di sekitar PC6 sehingga menekankan tritone dan membangun sekitar dengan detik-detik utama. Hal ini menciptakan kontinuitas dengan mengacu pada bunyi akord pertama yang telah diatur melalui pengulangan dan perpanjangan dan sonority referensi sentral dalam karya.

Organisasi Waktu di Coda

Instruksi untuk melakukan "Coda" ini sangat aneh: nada "kecil" harus dimainkan secepat mungkin tetapi kita harus menunggu waktu yang tersisa dari bar sebelum melanjutkan ke yang berikutnya tetapi pada saat yang sama menjelang akhir kecepatan nada "kecil" itu harus berkurang, nada-nada itu harus melambat dan lambat namun tempo durasi detak yang memengaruhi waktu berlalu setiap batang tidak boleh berubah.

Pandangan ini dapat dikelompokkan sebagai sub-kelompok dalam beberapa cara. Ada beberapa pusat kesimetrisan di sekitar beberapa nilai.

Kesimpulan

Ini adalah karya nyata dari XXth. abad, menciptakan idiom baru untuk piano, itu menciptakan efek suara yang menakjubkan sementara memiliki integritas struktural yang luar biasa yang mengungkapkan dirinya dalam lapisan demi lapisan analisis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *